Sumber Hukum Perlindungan Konsumen

May 15, 2020 | Korporasi | 0 comments



Sumber Hukum Perlindungan Konsumen

Sumber Hk Perlindungan Konsumen tidak hanya dilihat dalam konteks UUPK saja tetapi juga dalam kerangka sistem hukum perlindungan konsumen. Sehingga untuk mempelajari Hk Perlindungan Konsumen, selain UUPK sebagai sumber hukum yang utama, juga harus mempelajari sumber hukum lainnya yang terdapat dalam Hk Privat maupun Hk Publik walaupun tidak secara khusus bertujuan untuk melindungi konsumen.

1. UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

UUPK sebagai lex generalis berarti ketentuan-ketentuan dalam UUPK pada dasarnya dapat diterapkan terhadap ketentuan khusus yang mengatur perlindungan konsumen, misalnya UU No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (UU OJK). Walaupun secara khusus dalam UU OJK telah ditentukan perlindungan khusus bagi konsumen di sektor jasa keuangan, tetapi ketentuan umum dalam UUPK dapat digunakan untuk melindungi konsumen di sektor jasa keuangan sepanjang sesuai dengan pengertian konsumen dalam UUPK.

UUPK sebagai lex specialis artinya bahwa ketentuan dalam UUPK dapat diberlakukan menyimpangi ketentuan UU yang mengatur dan melindungi konsumen. Misalnya UUPK sebagai lex specialis dari KUHPer dimana dalam pengajuan gugatan konsumen diajukan oleh konsumen di tempat kedudukan konsumen, bukan ditempat kedudukan pelaku usaha (tergugat). Selain itu, dalam hal gugatan konsumen yang harus membuktikan adanya unsur kesalahan adalah beban dari pelaku usaha dan bukan pada konsumen (penggugat).

2. Hukum Perlindungan Konsumen dalam Hukum Perdata

Hk perlindungan konsumen dalam hk perdata yakni dalam pengertian hk perdata dalam arti luas, yakni hk perdata yang terdapat pada KUHPer, KUHD, serta peraturan perundang-undangan nasional yang tergolong dalam hk privat.

3. Hukum Perlindungan Konsumen dalam Hukum Publik Yang dimaksud dengan hk perlindungan konsumen dalam hk publik adalah hukum yang mengatur hubungan antara negara dan alat-alat perlengkapannya atau hubungan negara dengan perorangan. Adapun yang termasuk dalam hk publik terutama dalam kerangka hukum konsumen adalah HAN, Hk Pidana, HAPER/ HAPID, dan Hk Internasional.

esty indrasari - yogi prastomo - tito indra prastomo - tara indra prastomo



error: Content is protected !!